Pemkot Serang Kembali Uji Coba SSA

Pantauan program Sistem Satu Arah (SSA). @Foto: Febry/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Program Sistem Satu Arah (SSA) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Serang kembali akan dilakukan uji coba tahap 3. Namun dalam pelaksanaanya tidak ada perbedaan dengan uji coba tahap 1 dan 2. Hal itu pun, membuat masyarakat Kota Serang merasa menjadi kelinci percobaan dalam penerapan SSA.

“Soalnnya kadang ada, kadang tidak mas SSA ini. Terus lagi tidak ada pemberitau kepada masyarakat Kota Serang, melalui bilbord maupun surat edaran,” ungkap salah satu masyarakat Kecamatan Serang, Lukman Sidiq saat ditemui di Jalan Raya Ciceri, Kota Serang, Rabu (8/5/2019).

Warga lainnya, Eva Nurjanah anak kampus STIE Bina Bangsa mengaku, menjadi bahan permainan Pemerintah di jalanan, karena sering dibuat bingung saat hendak pergi ke kampus.

“Seharusnya pemerintah ini sosialisasi dulu, melalui spanduk besar disetiap titik yang akan menjadi jalur baru. Bukan langsung praktek lapangan, ya masyarakat menjadi bingung,” katannya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas, Dishub Kota Serang, Herunajaya menjelaskan, bahwa memang akan kembali dilakukan uji coba SSA tahap 3, selama 1 bulan penuh.”Karena ini bukanlah main-mai, dan kita sangat serius untuk program SSA,” jelasnnya.

Herunajaya juga menjelaskan, untuk sosialisasi SSA sendiri tidak perlu dipasang spanduk yang begitu besar, karena masyarakat juga paham dengan spanduk kecil di tiang listrik.”Saya kira, spanduk kecil yang kita pasang di tiang listrik itu udah cukup. Jadi bagaimana masyarakatnnya saja, dalam menyikapi SSA,” tegasnnya.

Ditempat sama, Kasat Lantas, Polres Serang Kota, AKP Ali Rahman ikut angkat bicara. Ia menegaskan, kepolisian dan Dishub Kota Serang akan terus berupaya untuk progres penerapan SSA di Kota Serang.

“Bukan kita membuat bingung masyarakat, ataupun menjadi masyarakat sebagai kelinci percobaan. Tapi dalam program SSA in, tidak bisa dari Dishub Kota dan kepolisian. Kita membutuhkan dukungan dari seluruh stalkholder terkait, agar SSA bisa segera diterapkan,” tandasnnya.

Informasi yang di dapat dari Dishub Kota Serang, dalam penerapan SSA tahap 3 sendiri akan dilakukan pada tanggal 13 Mei 2019 hingga akhir bulan Ramadhan dengan di mulai pada pukul 14.00 WIB – 18.00 WIB.

Sebelumnnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang melalui Kabid Lalu Lintas, Herunajaya mengakui, uji coba SSA yang dilakukan dua kali tersebut tidaklah membuahkan hasil, karena masih banyak masyarakat Kota Serang yang kebingungan.

Maka itu, kata Herunajaya, apabila uji coba SSA ini ingin diterapkan kembali, harus segera melengkapi 5 unsur komponen yaitu, Radius Tikung, Median Jalan, Rambu Lalu Lintas, Perwal dan Rekomendasi. (Lb/Fs/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here