Tips Mengatasi Pengeluaran Transportasi Membengkak

Ilustrasi Transportasi umum.@Dok/Liputanbanten.co.id

Liputanbanten.co.id – Transportasi menjadi hal penting yang tak bisa diabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, bagi Anda kaum urban yang memiliki mobilitas tinggi. Tak elak, kebutuhan transportasi perlu masuk pos pengeluaran yang Anda harus perhatikan. Dengan begitu, Anda tetap bisa berhemat dan pengeluaran Anda tak malah membengkak. Lantas, bagaimana caranya? Berikut tipsnya.

Perencana Keuangan dari Financia Consulting, Eko Indarto, menekankan hal utamanya yang perlu dipahami ialah jenis transportasi yang individu butuhkan. Karakteristik ini, bisa terkait jarak tempuh, rute perjalanan, hingga ketersediaan kendaraan yang paling efektif.“Kalau ternyata lebih efisien pakai kendaraan sendiri, ya bisa jadi pilihan,” katanya , Selasa (9/7/2019).

Sementara, bagi seseorang yang ternyata bergantung pada transportasi umum atau juga ojek online (ojol) misalnya maka tetap perlu melakukan hitung-hitungan. Apalagi, kata dia, saat ini tarif ojol dimungkinkan makin mahal. Maka, perlu untuk memberi batasan anggaran agar pengeluaran tak jebol.

“Kalau utama harus pakai ojol ya mau enggak mau anggaran jadi lebih, tapi kalau sebetulnya masih bisa diakali dengan menggunakan transportasi umum ya ada baiknya effort untuk naik ojol seperlunya,” papar dia.

Konsekuensi dari itu, menurutnya seseorang mesti mempersiapkan diri dengan baik saat akan bepergian. Sebab, seringnya penyebab ketergantungan pada ojol itu karena perjalanan mepet, tak ingin telat, atau malas untuk berusaha mencari alternatif angkutan yang lebih murah.

“Mesti bersabar untuk tidak menggunakan ojol di peak hour atau jam-jam sibuk, jangan enggan memilih tempat penjemputan paling efisien yang menawarkan tarif lebih murah, manfaatkan promo, hingga download aplikasi tidak hanya satu untuk membandingkan,” ujarnya. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here