Gempa 6,0 SR Guncang Kepulauan Mentawai-Sumbar

Ilustrasi

Padang, Liputanbanten.co.id – Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 16.05 WIB dengan kedalaman 10 kilometer.

“Gempa berpusat di 6.96 lintang selatan, 96.11 bujur timur dan tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Padang Panjang Rahmat Triyono saat dikonfirmasi dari Padang, Senin.

Gempa tersebut berlokasi di 670 kilo meter barat daya Kepulauan Mentawai, namun secara umum gempa tidak dirasakan di Kota Padang dan sekitarnya karena pusat gempa cukup jauh.

Menurut dia, gempa ini mirip dengan gempa bumi yang terjadi pada 2 Maret 2016 yang berpotensi tsunami dan dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat Sumbar.

Namun bedanya, kali ini kekuatan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami, kata dia.

“Dan gempa kali ini bukan di jalur megathrust,” lanjutnya.

Sementara salah seorang warga Kota Padang, Yulia Gustina (25) mengatakan dirinya tidak merasakan getaran apa pun saat terjadinya gempa itu.

“Saya melihat ada informasi gempa di aplikasi BMKG, saat itu sedang mengajar siswa di bimbingan belajar daerah Jati Kecamatan Padang Timur, namun kami tidak merasakan adanya getaran,” katanya.

Sebelumnya berdasarkan data yang dihimpun dari BMKG dalam sebulan terakhir dengan kekuatan gempa yang cukup kuat.

Pada Selasa (5/9) gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter mengguncang kota Padang, pukul 09.52 WIB berlokasi di 1,24 lintang selatan, 99,73 bujur timur tepatnya 82 kilometer barat daya Pariaman dengan kedalaman 20 kilometer.

Kemudian pada Jumat (1/9) gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang kota Padang pukul 00.06 WIB.

Gempa berlokasi di 1.30 lintang selatan, 99,99 bujur timur, atau 80 kilometer timur laut Mentawai, 86 kilometer barat daya Pasaman Barat, 87 kilometer barat daya Pariaman dan 113 kilometer barat daya Padang dengan kedalaman 10 kilometer, kata Kepala BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono.

Berikutnya pada (13/8) gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter mengguncang Kota Padang, pada pukul 10.08 WIB.

Pusat gempa berlokasi di 3.75 lintang selatan, 101.56 bujur timur atau 71 kilometer Barat Daya Bengkulu Utara dengan kedalaman 10 kilometer. (Red/Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here