Dua Calon Perdana Menteri Israel Saling Klaim Kemenangan

Calon Perdana Menteri Israel. @Foto: Dok/Liputanbanten.co.id

Israel, Liputanbanten.co.id – Dua calon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Benny Gantz mengklaim sebagai pemenang pemilu Israel. Meski demikian, dalam sebagian exit polls menyatakan Netanyahu unggul tipis dari Gantz. Jika keunggulan tersebut dapat dipertahankan maka Netanyahu akan berpeluang menjadi PM Israel selama lima periode, Rabu (10/4/2019).

Menurut sejumlah televisi di Israel dan situs Knesset, penghitungan suara sudah 80 persen. Partai Likud yang dinaungi Netanyahu mendapat 38 kursi parlemen. Sementara Partai Biru dan Putih pimpinan Gantz memperoleh 36 kursi.

Netanyahu menyambut gembira hasil tersebut. Walau begitu, dia meminta pendukung bersabar hingga hasil penghitungan resmi rampung. “Ini adalah malam kemenangan yang kolosal,” sebut Netanyahu di markas Partai Likud, seperti dikutip dari Reuters.

Tak mau kalah dengan Netanyahu, Gantz mengklaim partai mereka adalah pemenang pemilu 2019. Klaim Gantz didasari satu hasil exit poll yang menyebut partainya unggul dari Netanyahu. “Kami pemenangnya, kami berterima kasih kepada Netanyahu atas pelayanannya terhadap negara,” ucapnya.

Analis senior politik Israel, Ofer Zalzberg, mengatakan baik Likud atau Biru Putih saat ini wajib menunggu hasil resmi pemilu. Sebab, tidak ada satu partai yang menang mutlak dalam pemilu.

Dalam Undang-Undang Israel pembentukan pemerintahan hanya bisa dilakukan jika satu partai atau koalisi memenangkan kursi mayoritas dari 120 kursi parlemen yang diperebutkan. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here