Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak di Prediksi H-3

Cilegon, Liputanbanten.co.id – Ribuan pemudik tujuan Sumatera mulai memadati┬áPelabuhan Merak, Banten. Kantong-kantong parkir tiap dermaga dipenuhi kendaraam roda dua dan empat.

Pantauan media, di dermaga 6 Pelabuhan Merak, pemudik motor mulai merangsek masuk ke kapal, mereka terlebih dahulu antre si kantong parkir sebelum masuk ke kapal ro-ro yang akan mengangkut mereka ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Tak hanya sepeda motor, antrean kendaraan roda empat juga terlihat di dermaga 6, jika dalam kondisi sangat padat, biasanya dermaga 6 dikhususkan hanya untuk roda dua. Namun, malam ini masih terlihat kendaraan roda empat yang antre di dermaga baru ini.

Antrean kendaraan juga mulai terlihat di dermaga lain seperti dermaga 2, 3, dan 4. Kapal ro-ro hilir mudik bergantian mengangkut penumpang. Para petugas baik dari Dinas Perhubungan maupun kepolisian disiagakan di setiap dermaga untuk mengatur arus lalu lintas.

Pihak ASDP Merak sudah memprediksi akan ada peningkatan volume kendaraan pada akhir pekan kali ini. Biasanya, kepadatan akan dimulai pada pukul 23.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB.

“Dari segi prasarana dan sarana, kami telah siap. Penambahan loket dan tollgate telah dilakukan. Untuk penumoang berjumlah 31 unit, roda dua 34 unit, dan roda empat sebanyak 17 unit yang telah siap melayani pemudik,” kata GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni.

Kendati demikian, peningkatan volume kendaraan masih akan terjadi hingga mendekati Lebaran nanti. Prediksi ASDP, puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 Lebaran. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here