Tidak Ada Senjata Nuklir Di Parade Militer Korut

Pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un. (Reuters)

Korut, Liputanbanten.co.id – Korea Utara tidak menampilkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada parade militer yang digelar untuk menandai 70 tahun berdirinya negara tersebut pekan kemarin.

Dikabarkan BBC, merujuk pada sejumlah analis yang meneliti pelaksanaan parade itu, tidak ada senjata tersebut dalam parade. Hal itu menunjukkan komitmen Korea Utara untuk melakukan denuklirisasi.

Hal ini terjadi setelah upaya rekonsiliasi yang dibuat oleh Korea Utara dengan pertemuan Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Juni lalu.

ICBM sendiri diketahui berpotensi mencapai daratan Amerika Serikat jika diledakkan. Senjata itu membawa hulu ledak nuklir.

Sejumlah analis menilai bahwa bila ICBM ditampilkan di hadapan publik, maka hal itu menunjukkan sikap profokatif dari sisi Korea Utara. Setiap acara yang melibatkan pameran ICBM bisa membuat diskusi di masa depan dan kesepakatan untuk menyatakan mengakhiri perang Korea yang berisiko.

Namun pada kenyataanya, tidak ICBM yang dipamerkan diacara parade militer tersebut. Hal itu menunjukkan sikap positif Korea Utara untuk berkomitmen dengan upaya denuklirisasi yang dijalinnya dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat. (Lb/Rmol)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here