Wujudkan Lumbung Pangan Dunia, Kementaan Targetkan Satu Juta Petani Muda

Petani sedang menggarap sawah. @Foto: Dok/Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Kementan menargetkan bisa membentuk satu juta petani muda dalam rangka mewujudkan program lumbung pangan dunia pada 2045.

“Kementan merencanakan program unggulan di 2019. Akan dipromosikan satu juta petani muda,” ujar Kepala Biro Perencanaan Kementan Abdul Basit di Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Abdul lantas menjelaskan pentingnya melahirkan petani muda. Menurutnya, para petani di Indonesia sudah mulai menua.

Di sisi lain, tuturnya, anak-anak muda kurang tertarik menjadi petani. Abdul menegaskan, harus ada regenerasi petani. “Kalau tidak diprogramkam ke depan, kita akan sulit menyediakan pangan,” terangnya.

Selain itu, kata Abdul, Kementan juga memberikan berbagai bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Bantuan itu berupa bimbingan, pengawalan dan ternak.

“Pemberian bantuan ternak, tiap rumah tangga akan diberikan 50 ayam, kemudian itu yang pokok tapi juga akan mendapatkan bantuan mengurangi pengeluarannya,” ungkapnya.

Program unggulan Kementan lainnya adalah Selamatkan Rawa dan Sejahterakan Petani (Serasi), Modernisasi Pertanian, Program Sapi Indukan, Kawasan Rumah Pangan Lestari. (Lb/Jpn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here