Empat Kecamatan Di Kabupaten Serang Penyumbang PMI Terbanyak

Kepala Bidang Hubungan Industri dan Jaminan Sosial Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang Diana Utami. @Liputanbanten

Serang, Liputanbanten.co.id – Kepala Bidang Hubungan Industri dan Jaminan Sosial Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang Diana Utami, mengakui Kabupaten Serang sebagai penyumbang terbesar Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pasalnya. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah PMI yang diberangkatkan mencapai 400 orang pertahunnya.

Untuk mengantisipasi kejadian penipuan (kerugian) bagi para calon PMI. Menurut Dian, pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap empat Kecamatan Di Kota Serang yaitu, Tirtayasa, Tanara, Pontang dan Lebak Wangi, Pasalnya Kecamatan tersebut menjadi penyumbang PMI terbesar. “Kita selalu menginformasikan ini loh prosedur yang benar,” kata Diana yang juga Plt. Kabid Bina Pelta, Serang, Rabu (11/7).

Pada tahun 2018 sebanyak 157 PMI yang berangkat ke Asia Pasifik (luar negeri). “157 itu semuanya diberangkatkan ke Asia Pasifik, dan kalau memang ada yang diberangkatkan ke Timur Tengah. Saya yakinkan itu informal (ilegal),” ucapnya.

Lebih lanjut, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan sejak tahun 2015 (moratorium) menyatakan, PMI telah dilarang untuk berangkat ke Timur Tengah, jikalau pun ada kemungkinan antara kurang informasi dan ketidaktahuan.

“Prosedur yang benar, setelah memenuhi persyaratan dan sebelum berangkat, mereka harus mendatangi kantor dinas Ketenagakerjaan dulu untuk melakukan interview (wawancara), dan itu dilakukan langsung oleh calon PMI atau yang bersangkutan. Itu untuk mengurangi kerugian bagi para PMI – Nya sendiri,” tambahnya. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here