Penyebab Banjir di Padarincang Bakal Segera Ditangani

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memastikan akan segera mencarikan solusi terkait penanganan banjir di Kecamatan Padarincang yang kerap merendam ratusan rumah. Hal itu dikarenakan aliran sungai tersebut merupakan kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3).

Plt Sekda Kabupaten Serang, Agus Erwana mengatakan, bahwa pihaknya sudah memerintah terhadap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, bahwa  setiap ada bencana banjir bukan hanya melaksanakan penganggulangannya tetapi harus sudah bisa memberikan solusi.

“Artinya kejadian bencana (banjir) ini kenapa?,‎ umpanya Cikalumpang ini kenapa? Oh karena mungkin karena sungai ini sudah terjadi pendangkalan, sehingga airnya melimpah,” kata Agus‎

Jika memang sudah terjad‎i pendangkalan, lanjut Agus ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya pembangunan TPT atau tanggul dan pengerukan. Namun hal itu pun harus disampaikan ke BBWSC3, karena sungai yang bermuara ke Rawa Danau tersebut bukan kewenangan Pemkab Serang.

“‎Kita akan berikan masukan ke tingkat atas, kan harus ada solusinya kalau ini terus terusan terjadi, pemerintah pusat mungkin gak ngerti, dan gak tahu juga, jadi ya kita beritahu, walaupun ini tugas poko dan fungsi balai besar,” ujarnya.

Namun disamping itu, pihaknya juga mempunyai tugas mengimbau terhadap masyarakat untuk tidak mendirikan‎ bangunan dibantaran sungai tersebut, karena bisa berdampak terhadap banjir.”Kampung Sukajaya itu kalau hujan dua hari saja bisa banjir, berarti kan ada saluran atau solokan (yang bermasalah-red),” pungkasnya. [Lb/Yna]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here