Ini Yang Harus di Perhatikan Masyarakat Pada Saat PSBB

(dok;dagangsayuran.blogspot)

Liputanbanten.co.id Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diterapkan di Jakarta membuat banyak hal perlu menjadi perhatian. Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah asupan makanan terutama bagi amsyarakat dengan penghasilan rendah.

Berkurangnya penghasilan saat PSBB dapat berpengaruh pada daya beli makanan yang berkurang, sehingga asupan makanan sehat tidak mencukupi. Hal ini disampaikan praktisi klinis Ari Fahrial Syam.

“Masalah perut masyarakat harus menjadi prioritas juga. Mudah-mudahan pemerintah daerah sudah mengambil langkah-langkah strategis. Masalah asupan makan menjadi hal yang penting,” tambah Ari dalam kiriman tulisan yang diterima Health Liputan6.com.

“Jangan sampai orang-orang yang tidak mendapatkan penghasilan dan tidak bisa memberikan nafkah selama PSBB malah berujung pada asupan makan yang kurang,” terangnya.

Kondisi berkurangnya asupan makan akan berdampak pada penurunan asupan gizi. Selanjutnya, berpengaruh pada penurunan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh bisa menurun sehingga seseorang rentan terinfeksi Corona.

“Oleh karena itu, RT/RW perlu mengidentifikasi anggota masyarakatnya yang menjadi tidak makan akibat tidak bisa mencari nafkah atas pembatasan dari PSBB ini,” lanjut Ari.

Bantuan makanan berupa sembako atau lain dapat diberikan untuk membantu kebutuhan makan sehari-hari.

Di tengah wabah Corona, budaya gotong royong dan kesetiakawanan harus kembali ditumbuhkan. Apalagi kita melihat kondisi yang terbilang sulit selama Corona, seperti kehilangan pekerjaan karena tidak bisa lagi berjualan.

“Untuk itu, penting buat kita saling berbagi dan menyemangati. Jika ada masyarakat yang mempunyai daya tahan tubuh yang tidak baik karena asupan makan yang kurang, maka berisiko untuk terinfeksi oleh virus Corona,” lanjut Ari, yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

“Jika ada satu yang terinfeksi, maka yang bersangkutan akan menjadi sumber penularan kepada yang lain, begitu seterusnya,” tandasnya. (Lb/mdk/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here