DPP PDIP Dukung Gerakan Nasional Perawat Honorer Indonesia

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning apresiasi gerakan yang dibangun oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menyoal kesejahteraan untuk Perawat Indonesia.

Sebelumnya, 12 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perawat International. 12 Mei dipilih Hari Perawat Internasional karena merupakan hari kelahiran Florence Nightingale, yang secara luas dianggap sebagai pendiri keperawatan modern.

Dewan Perawat Internasional menetapkan tema tahun ini ; ‘Suara Perawat Memimpin, Kesehatan Adalah Hak Asasi Manusia’.

Dalam kesempatan tersebut Ribka mengapresiasi setingi-tingginya kepada PPNI yang secara konsisten terus mengawal dan mendesak DPR RI untuk segera mengesahkan UU perawat.

“Saya ingin memberi apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kaum perawat yang terhimpun dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dengan militan dan sabar terus mendesak parlemen untuk mengesahkan UU Perawat (UU No 38 Tahun 2014). UU tersebut akan menjamin kepastian hukum bagi perawat Indonesia untuk menjalankan profesinya,” kata Ribka dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/5).

Ia juga menyebutkan, dengan adanya UU tersebut diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, mutu pelayanan keperawatan, dan mempercepat keberhasilan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Saya mendukung Gerakan Nasional Perawat Honorer Indonesia yang telah menemui Komisi IX DPR RI untuk menuntut diangkatnya perawat honorer menjadi pegawai negeri,” jelas Ribka.

Lanjut Ribka, Pihaknya juga mendukung perjuangan PPNI, agar perawat sebagai tenaga kerja terampil mendapat upah minimal 3 kali UMP, untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Menjadi perawat adalah mulia. Sebagian besar waktunya diperuntukan merawat dan mendampingi pasien. Seringkali tetap harus bertugas walau itu hari libur, bahkan saat hari raya keagamaan,” tutupnya.

Diketahui, Jumlah perawat honorer di Indonesia mencapai 81.110 orang, dengan massa kerja 1 sampai 30 tahun. (Lb/AR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here