Pengamat Politik : Kejadian di Rutan Mako Brimob Adalah Sebuah Tragedi

Jakarta, Liputanbanten.co.id –  Pengamat politik Ujang Komarudin, meyakini kerusuhan di Rutan Mako Brimob adalah sebuah fakta terjadinya tragedi yang menyayat hati bangsa Indonesia. Namun, kita semua harus mencari tahu kebenarannya.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), kejadian di Rutan Mako Brimob memiliki dua kemungkinan. Pertama, fakta akan terjadinya peristiwa. Yang kedua, bentuk pengalihan isu.

“Kan saya bilang, ada dua kemungkinan. Tetapi menurut saya, kejadian di Rutan Mako Brimob memang kejadian nyata,” ujar Ujang yang juga berprofesi seagai Dosen tetap Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) kepada liputanbanten, Jumat (11/5) kemarin.

Jika memang kejadian di Rutan Mako Brimob adalah bentuk pengalihan isu, lanjut Ujang, itu adalah bentuk kepanikan pemerintahan saat ini. Seperti, melemahnya rupiah dan menjelang Pilpres 2019.

“Itu bukan hanya merugikan, tetapi dapat menurunkan elektabilitas Jokowi dan dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Akan tetapi, apapun alasannya kita semua tidak tahu, harus dicari kebenarannya,” lanjutnya.

Sementara itu, kemungkinan lain juga bisa saja terjadi. Ketika semakin melemahnya rupiah dan kejadian di Rutan Mako Brimob kemarin, itu bisa menjadi senjata lawan politik Jokowi.

“Itu akan jadi senjata untuk lawan-lawan politiknya Jokowi. Politik itu kan soal mencari momentum dan menggunakan momentum untuk mendapatkan kemenangan,” ungkapnya.

Ia menegaskan, apapun alasannya kita semua tidak tahu, dan harus dicari kebenarannya. (Lb/Rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here