Festival Bedolan Ajang Pesta Rakyat

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten Serang adakan festival Bedolan Pamarayan dan pameran pembangunan tahun 2017 sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Serang ke-491 di Desa Panyabrangan Kecamatan Pamarayan, Kamis (12/10).

Acara tersebut turut hadir Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Kabupaten Serang Mukhsinin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nur Cahyati

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjelaskan, festival bedolan pamarayan merupakan upaya melestarikan tradisi masyarakat di Kecaamatan pamarayan dan sekitarnya untuk meningkatkan nilai silaturahmi masyarakat, sebagai upaya membersihkan lumpur–lumpur di bendungan pamarayan dan melestarikan seni budaya lokal kabupaten serang, serta mempromosikan potensi cagar budaya, khususnya bendungan pamarayan.

“Festival bedolan pamarayan ini diharapkan menjadi promosi wisata unggulan kabupaten serang. kedepan, ajang ini akan menjadi event tahunan,” ungkapnya

Tatu juga menambahkan, kegiatan festival bedolan pamarayan dan pameran pembangunan kabupaten serang tahun 2017 ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur sehingga program pembangunan yang ada di Kabupaten serang selama ini dapat berjalan dengan baik.

“Peringatan hari jadi adalah momentum untuk bersyukur, mengevaluasi dan merefleksikan diri terhadap perkembangan pembangunan Kabupaten Serang, sehingga memberikan makna dan semangat dalam melanjutkan pembangungan kabupaten serang yang kita cintai,” imbuhnya.

Selain itu, Tatu juga menghimbau agar semua komponen masyarakat Kabupaten serang agar dapat membangun tekad dan memperkuat kesungguhan untuk terus membangun kabupaten serang yang lebih baik.

“Kami menyadari bahwa potensi pariwisata kita tidak kalah dengan daerah lain. Agar potensi dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat perlu dikelola dengan baik antara pemerintah daerah, swasta dan masyarakat, “ katanya

Masih menurut Tatu, masyarakat Kabupaten Serang dapat lebih mengapresiasi kebudayaan ada di wilayahnya dengan keberagaman bentuk, tampilan dan ekspresinya masing-masing karena setiap seni budaya tersebut memiliki makna dan nilai filosofi hidup yang universal.

“pameran pembangunan Kabupaten Serang juga dimulai pada hari ini, semoga memberikan ruang informasi kepada masyarakat untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di Kabupaten Serang dengan memanfaatkan seluruh potensi untuk mencapai Kabupaten Serang yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut Jannah yang merupakan warga di Desa Panyauran Kecamatan Petir Jannah menyambut kegembiraan festival bedolan tersebut. Karena tradisi tersebut hampir dilupakan oleh warga sekitar.
“Biasanya setiap tahun, tapi tahun kemarin belum terlaksana juga,” ungkapnya.

Baginya, festival bedolan baru pertama kali dilakukan dan dimeriahkan oleh Pemda setempat. Sehingga Ia Berharap, Festival tersebut menjadi acara tahunan yang mengndang warga sekitar bahwa tradisi tersebut.

“Tahun sebelumya ga semeriah gini, biasa aja dan tahun ini juga lebih ramai dari tahun sebelumnya,” tuturnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here