Tingkatkan SDM, BPBD Cilegon Gelar Sosialisasi Tanggap Darurat

Cilegon, Liputanbanten.co.id – Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menggelar sosialisasi sistem komando tanggap darurat, di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon, (16/4/2018).

Dalam kesempatan itu, Sari Suryati selaku Sekretaris Daerah Kota Cilegon mengajak para petugas dan seluruh masyarakat agar bekerja sama dan selalu siap menjadi garda terdepan ketika terjadi bencana di Kota Cilegon.

“Maka dari itu, kita perlu kerjasama antar pemerintah, masyarakat dan para relawan lainnya melalui BPBD, untuk menyegarkan kembali serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam penanggulangan bencana, khususnya pada fase kedaruratan, yang dimulai dari siaga darurat, tanggap darurat dan transisi darurat ke pemulihan,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut digelar, karena mengingat Kota Cilegon merupakan kota yang dikelilingi industri kimia dan letak geografisnya berada di Selat Sunda, yang notabene adalah lempeng Indo Australia yang rawan akan potensi gempa dan tsunami. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Cilegon perlu mempersiapkan segala hal untuk antisipasi terhadap potensi bencana.

“Saya berharap, hasil dari kegiatan sosialisasi ini, bisa diterapkan dalam praktek di lapangan dalam penanggulangan bencana. Khususnya masa kedaruratan, sehingga dalam pelaksanaan penanggulangan pada saat darurat bencana, dapat berjalan secara terintegrasi dari berbagai pihak dan seluruh stakeholder,” tutupnya. [Lb/AS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here