Mendekati Lebaran, BI Membuka Penukaran Uang

Ilustrasi

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Bank Indonesia (BI) menyediakan fasilitas penukaran uang Lebaran secara resmi yang dibuka sejak 13 Mei hingga 1 Juni 2019. Terdapat setidaknya 2.941 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Diketahui, di DKI Jakarta ada 287 titik.

Adapun, lokasinya meliputi Monumen Nasional (Monas), Museum Bank Indonesia Pekan Raya Jakarta, Kepulauan Seribu, rest area KM 57, hingga Jaringan perbankan.

Tak terbatas pada lokasi yang ditetapkan, Deputi Gubernur Bank Indoensia Rosmaya Hadi pun mengatakan tempat penukaran bisa bersifat kondisional menyesuikan kebutuhan masyarakat.

“Ada kas keliling, betul-betul kita datang ke sentra yang banyak orangnya, di pasar, di landmark, rest area itu kita juga hadir. Bila ada institusi yang banyak pegawainya, bisa minta datangkan mobilnya ke institusi itu,” katanya di IRTI Monas, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Ia melanjutkan, jatah tiap penukar uang tunai itu adalah Rp 3,9 juta. Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa menukar?

Rosmaya menekankan, syarat wajib yang mesti dibawa ketika ingin menukar uang adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ingat, tiap orang sesuai KTP hanya bisa melakukan transaksi satu kali selama rentang waktu 3 hari.

Ia mengambil contoh pendaftaran di Monas Jakarta, maka setelah menunjukkan KTP kemudian bisa mengambil antrean untuk mendapat giliran pelayanan. Setidaknya ada 16 bank yang tergabung di IRTI Monas.

Tak membutuhkan waktu lama, kata dia, para penukar uang sudah bisa melakukan transaksi sesuai dengan bank yang diarahkan. “Ada 16 bank di sini, jadi mau yang mana saja bisa kita pakai kartu ATM, kita bisa ngambil di mana juga bisa, sekarang udah GPN (Gerbang Pembayaran Nasional),” pungkasnya. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here