Menghadapi Libur Lebaran, Dishub Banten lakukan Uji Kelayakan Bus Pariwisata

Ilustrasi: Bus Arimbi di terminal pelabuhan Merak. (Dok. Liputanbanten)

Serang, Liputanbanten.co.id – Dishub Provinsi Banten mulai melakukan uji kelayakan terhadap kendaraan bus pariwisata dalam mempersiapkan mudik Lebaran atau Idul Fitri 1439 H, hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Perhubungan Hendri Jauhari bahwa pengecekan dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik yang akan mencarter bus pariwisata.

”Sejak kemarin kita sudah lakukan pengecekan. Hari ini juga masih berjalan, tapi khusus untuk bis pariwisata,” katanya.

Lanjut Hendri, dalam uji kelayakan bus pariwisata tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten bekerjasama dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IIX Banten.  Saat ini pengecekan dilakukan di sejumlah perusahaan bus pariwisata di wilayah Tangerang, mengingat sebagian besar perusahaan tersebut ada di wilayah Tangerang.

“Banyak bus pariwisata di wilayah Tangerang, lebih dari 400 bus yang kita uji kelayakannya. Kebanyakan di Tangerang,” kata Hendri.

Menurutnya, pengecekan laik jalan atau uji kelayakan kendaraan bus pariwisata tersebut, bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan yang nantinya akan dicarter oleh pihak manapun baik pemerintah maupun swasta untuk mudik gratis lebaran, sudah laik jalan.

Sementara terkait mudik gratis yang biasanya diselenggarakan oleh Pemprov Banten, kata dia, untuk tahun ini Pemprov Banten tidak membuka pendaftaran mudik gratis bagi warga luar daerah yang tinggal di  Banten. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here