Presiden Palestina Ungkapkan Kekesalan pada Dubes AS

Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Washington DC, Liputanbanten.co.idPresiden Palestina Mahmoud Abbas (82) sebut Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel David Friedman sebagai ‘anak anjing’ dalam pidato di Ramallah, Palestina.

“(Pemerintah AS) sudah mengatakan bahwa pembangunan pemukiman itu sah. Itulah yang dikatakan beberapa pejabat AS termasuk, pertama dan yang utama, duta besar mereka di Tel Aviv David Friedman. Dia (Friedman) mengatakan (pemukiman) sedang dibangun di tanah mereka. Hey anak anjing, mereka membangunnya di tanah mereka? Dia seorang pendatang dan anggota keluarganya adalah pendatang,” kata Abbas, seperti dilansir dari laman Sputnik News, Selasa (20/3).

Abbas juga merasa tertekan untuk melakukan perjalanan ke Washington DC, dan untuk menyetujui Presiden AS Donald Trump yang akan memindahkan Kedubes AS ke Yerusalem.

“Apa yang Anda harapkan dari pemerintah seperti itu? Saya ditekan untuk melakukan perjalanan ke Washington untuk melegitimasi program Trump, tetapi saya tidak setuju dan tidak akan pernah setuju untuk melepaskan prinsip-prinsip kami atau hak-hak rakyat Palestina,” kata Abbas.

“Mereka membuat konferensi tentang Gaza, tapi baru sekarang mereka mengaku bahwa warga Gaza menderita dan kami sudah membicarakan ini selama 11 tahun.” tambahnya.

Menurut Abbas, AS dan Israel bertanggung jawab atas pengambilalihan Hamas atas jalur Gaza.

Menurut sebuah laporan, pernyataan Abbas terpancing dari komentar Friedman melalui Twitter, yang mengkritik Otoritas Palestina karena tidak mengutuk serangan di Tepi Barat yang menewaskan dua tentara Israel. Dia juga mengusulkan agar pemukimannya adalah bagian dari Israel. [mkd]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here