Maknai Hari Kemerdekaan, Desa Cipanas Lebak Gelar Road Show

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak menggelar berbagai perlombaan selama sebulan penuh.‎ Kegiatan yang bertemakan memupuk persatuan kesatuan dan pergerakan gotong royong pemuda bertujuan untuk menanamkan kerukunan masyarakat.

Kepala Desa Cipanas, Endang Sukendar mengungkapkan, selama bulan Agustus ini pihaknya melakukan road show ke semua wilayah di desanya. Ini menurutnya bukan sekedar untuk kemeriahan saja, tapi mampu menjaga serta menanamkam nilai-nilai dasar hidup berbangsa dan bernegara.

“Menjaga kerukunan saling mengamankan, menyamankan dan menjaga kearifan satu sama lain,” katanya kemarin.

Ia juga memastikan hampir di setiap RW semunya melaksanakan pertunjukan. Kegiatan ini diinisiasi dengan harapan agar mampu menjadi magnet pemersatu warga Desa Cipanas yang bisa meningkatkan silaturahmi antar warga masyarakat.

Adapun setiap kegiatan, kata dia di panitiai oleh pemuda-pemuda desa cipanas di setiap Rw nya, dengan Karang Taruna yang menjadi garda terdepan. “Generasi muda harus mulai di siapkan dan ditampilkan didepan untuk menjawab tantangan di masa depan,” katanya.

Ketua panitia  yang juga pengurus Karang Taruna Irenas mengungkapkan, Sohebul mengungkapkan, mengatakan, sejak dimulainya kegiatan Road Show ini, semuanya berjalan dengan lancar dan sangat berdampak positif bagi masyarakat khususnya kepemudaan.

“Acara Road Show ini di mulai dari tanggal 22 Juli, di setiap kampungnya di adakan kegiatan-kegiatan yang tujuannya untuk menumbuh kembangkan silaturhami, dari kampung satu menjadi titik kumpul berlomba tenis meja misalnya, di kampung lain lagi badminton jadi saling bersilaturahmi dari kampung satu ke kampung yang lainnya,” kata Sohebul.

Ketua Karang Taruna Irenas, Septian Hernawan mengaku sangat berterimakasih kepada Kepala Desa yang mana dalam hal ini menempatkan pemuda di bagian depan.”Pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok, jadi memang pemuda harus tampil di depan dan sudah seharusnya pemimpin-pemimpin di desa, kecamatan serta kabupaten memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk tampil di depan,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan road show ini sangat berdampak positif bagi pertumbuhan kreatifitas pemuda.”Dengan banyaknya wadah kreasi untuk generasi muda akan banyak juga inovasi-inovasi positif yang di hasilkan, jika kepemuda mempunyai kegiatan yang positif tentunya akan menjauhkan generasi muda terjangkit permasalahan-permasalahan sosial,” imbuhnya. (Lb/As/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here