Wagub Banten Tinjau Revialisasi Banten Lama

Ilustrasi : Masjid Banten Lama

Serang, Liputanbanten.co.id – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meninjau Revitalisasi Banten Lama, pekerjaan tahap awal dalam revitalisasi Banten Lama tersebut ditargetkan akan selesai November tahun ini. Menurutnya, Gubernur Wahidin menargetkan Banten Lama yang sudah direvitalisasi tahap pertama itu akan bisa digunakan dalam upacara HUT Provinis Banten tahun ini.

”Jadi jangan ragukan, jangan sangsikan kerja-kerja Pemprov Banten dalam tekadnya mengejar target pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar lainnya. Teman-teman wartawan bisa lihat sendiri kan,” kata Andik Hazrumy saat meninjau proyek revitalisasi Kawasan Banten Lama tersebut.

Andika mengawali kunjungannya dengan makan bersama ratusan personil Satpol PP Provinsi Banten dan Kota Serang yang tengah bertugas melakukan relokasi PKL (pedagang kaki lima) dari areal akses utama Banten Lama ke Terminal Sukadiri. Kunjungan Wagub Banten Andika didampingi Asda II Pemprov Banten Ino S Rawita, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Banten M Yanuar, Wakil Walikota Serang Sulhi Choir, dan Ketua Kenadziran Banten Lama Abbas Waseh.

Wagub Andika menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk berkeliling mulai dari kawasan bakal plaza utama, Mesjid Banten Lama, Terminal Sukadiri hingga kanal yang mengitari kawasan wisata ziarah tersebut.

Dalam obrolannya dengan perwakilan kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut, Andika mendapat penjelasan terkait penataan plaza itu akan dilengkapi dengan payung besar seperti di Masjid Nabawi di Madinah.

”Tapi jangan Cuma dua (unit), saya minta minimal 6 unit payung Madinahnya untuk plaza seluas ini. Kalau dua ya sama saja bohong,” kata Andika.

Untuk diketahui, Pemprov Banten mencanangkan revitalisasi Banten Lama agar menjadi destinasi wisata ziarah berkelas Internasional. Sejak tahun 2018 ini Pemprov Banten telah siap menganggarkan dana sebesar Rp220 milyar.

Revitalisasi tahap pertama kini tengah dilakukan dengan membangun zona inti kawasan Banten Lama yakni kawasan sekitar Mesjid Banten Lama. Untuk melakukan tahap pertama itu, Pemprov merelokasi ratusan PKL dari kawasan akses menuju mesjid ke Terminal Sukadiri. Sebelumnya Pemprov juga sudah melakukan betonisasi sejumlah ruas jalan akses dari dan ke Banten Lama,seperti di ruas jalan Kramatwatu-Banten Lama dan ruas Kasemen-Banten Lama.(Lb/Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here