Korut Siap Dialog Dengan AS soal Nuklir

Persiden Korea Utara kim jong-un

Jakarta, Liputanbanten.co.idPemimpin delegasi Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin, Kim Yong Chol, mengatakan kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Korut bersedia menggelar dialog dengan Amerika Serikat untuk membahas berbagai isu, termasuk soal pengembangan nuklir.

Dilansir dari lama USA Today, Selasa (26/2), Kim Yong Chol menyampaikan pernyataan itu dalam pertemuan dengan Moon di Pyeongchang, Korsel kemarin. Olimpiade Musim Dingin kali ini digelar di Pyeongchang, Korsel.

Kim yang juga mantan kepala intelijen Korut duduk berdekatan dengan putri dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Ivanka, dalam acara penutupan olimpiade kemarin. Namun keduanya tidak menjalin komunikasi apa pun.

“Baru-baru ini Korea Utara memperlihatkan mereka secara terbuka bersedia menjalin dialog dengan Amerika Serikat dan AS juga menyatakan pentingnya dialog itu,” kata Moon Jaen, seperti dilansir laman Aljazeera.

“Amerika Serikat perlu menurunkan batasan untuk berbicara dengan Korea Utara dan Korut harus memperlihatkan niat untuk melucuti nuklir mereka. Lebih cepat mereka bertemu lebih baik,” kata Moon.

Gedung Putih menanggapi kabar itu dengan menyatakan AS bersedia berdialog dengan Korut asalkan bertujuan melucuti nuklir Korut.

“Kami akan menganggap pesan dari Pyaongyang hari ini yang menyatakan bersedia berdialog sebagai langkah awal untuk menuju denuklirisasi,” kata Gedung Putih. [mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here