Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Segar dan ringan, itulah yang mungkin Anda rasakan pertama kali saat meneguk air kelapa. Selain bisa menjadi alternatif pengganti air putih untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang, manfaat air kelapa lainnya disebut-sebut dapat menjaga kesehatan kulit.

Saat Anda main di pantai, risiko terjadinya kerusakan kulit bisa lebih tinggi. Beruntunglah di sekitar pantai biasanya banyak berjejer warung yang menjual minuman sehat ini. Karena selain alami, air kelapa juga memiliki kadar kalori rendah, yakni hanya 44 kalori setiap gelasnya.

Manfaat air kelapa untuk kulit Anda

Dengan minum air kelapa, Anda akan memperoleh berbagai manfaat baik dalam sekali teguk. Karena selain manfaat yang telah disebutkan di atas, air kelapa ternyata juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan kulit.
1. Menghidrasi kulit

Pernahkah Anda merasa bagian kulit kaki dan tangan lebih terasa kering ketimbang bagian wajah? Jika iya, ada kemungkinan bahwa kulit tubuh Anda kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya.

Selain minum banyak air putih, Anda pun bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit Anda. Agar hasilnya optimal, menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, bantulah juga dengan membatasi durasi waktu mandi dengan air panas terlalu lama.

Batasi hanya 5-10 menit saja. Selain itu, menggunakan tabir surya dan menghindari paparan langsung sinar matahari juga sebaiknya Anda lakukan.

Jangan lupa juga menggunakan pelembap sehabis mandi. Mengapa harus sehabis mandi? Sebab, kulit yang lembap karena terkena air akan mengunci losion atau krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

2. Memberikan energi pada kulit

Nah, hati-hati bagi Anda yang tengah menjalani diet dengan menghindari asupan karbohidrat. Pasalnya, tidak mendapatkan cukup karbohidrat dapat memengaruhi struktur dan penampilan kulit.

Namun, dalam satu cangkir air kelapa mengandung 10 gram karbohidrat. Bila dikonsumsi, karbohidrat ini akan diubah menjadi glukosa oleh tubuh melalui proses metabolisme di dalam saluran cerna. Maka bila Anda mengonsumsi air kelapa, struktur kulit pun akan berangsur membaik.

3. Melindungi dan menjaga elastisitas kulit

Seperti yang sudah dikatakan di atas, air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sedangkan, tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan meminum air kelapa setidaknya satu gelas (mengandung 24 mg vitamin C), bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian Anda dan kulit pun akan menerima manfaatnya. Bila Anda tidak menyukai rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C, air kelapa bisa menjadi alternatif yang menyegarkan. (Lb/Jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here