Diduga Terpapar Viruas Corona WNA Asal China Dirawat di RSHS Bandung

Dua orang warga usai menjalani perawatan di Pusat Perawatan Medis Wuhan, China. Foto: AFP/NOEL CELIS/kmp/Liputanbanten.co.id

Bandung, Liputanbanten.co.id – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung merawat seorang warga negara asing (WNA) asal China berusia 31 tahun. Ia dirawat di ruangan khusus karena diduga terpapar viruas corona.

“Ada satu orang WNA China usia 31,” kata Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung dr Tommy Ruchimat saat dikonfirmasi, Senin (27/1/2020).

Tommy menjelaskan sebelum dirawat di RSHS, pasien itu sempat dirawat di Rumah Sakit Kawaluyaan. Ia kemudian dirujuk ke RSHS pada Minggu siang.

“Pasien ini baru pulang kampung dari China, datang tengah hari tadi, gejala demam tinggi. Masih diduga (kena virus corona),” ucap Tommy.

Sejauh ini, Tommy mengatakan pihaknya masih mengobservasi WN China yang diduga terpapar viruas corona. Tim dokter mengalami kendala karena pasien itu tidak bisa berbahasa Indonesia.

“Masih diduga dan harus diperiksa lanjutan soal kondisi tenggorokan, foto ronsen, paru, dan lainnya. Belum ada keterangan sebelumnya punya riwayat penyait apa, karena pasien teu (enggak) bisa bahasa england (Inggris) or endonesa (Indonesia) pakai penerjemah,” jelas Tommy.

Tommy juga mengatakan tidak ada imbauan khusus untuk petugas medis RSHS yang menangani pasien itu. Sebab RSHS sudah memiliki aturan untuk menangani pasien yang diduga mengidap virus corona.

“Tidak ada himbauan khusus soal pakai masker ruangan IGD, baik petugas medis maupun pengunjung rumah sakit,” tutupnya.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here