Jembatan Gantung di Jawilan Bakal Segera Diperbaiki

Serang, Liputanbanten.co.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang memastikan akan segera memperbaiki jembatan gantung‎ yang berlokasi di Kampung Nusa, Desa Parakan, Kecamatan Jawilan, Kab. Serang yang ambrol belum lama ini. Hal itu dikarenakan jembatan tersebut sudah lama belum diperbaiki.

Diketahui, jembatan yang membentang diatas aliran sungai Cibeurem sepanjang 35 meter tersebut merupakan satu – satunya akses jalan yang biasa dilalui warga. Sedikitnya ada sekitar 80 Kepala Keluarga (KK) yang tersiolir  ketika jembatan tersebut ambrol.

Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Teknis Jalan dan Jembatan pada DPUPR Kab. Serang, Yadi Priyadi mengatakan,‎ rencananya perbaikan tersebut akan segera diusulkan pada anggaran perubahan 2018 ini. Perbaikan dilakukan terhadap kontruksi jembatan yang sudah rusak seperti  mengganti besi – besi yang sudah keropos.

“‎Jembatan gantung itu mah memang sudah lama yah, kemarin saya sdah lihat laporannya. Tapi mudah – mudahan perbaikannya gak banyak, mudah – mudhan dibawah Rp 500 juta, gak sampai banyak,” kata Yadi.

Ia menjelaskan, dari informasi jembatan gantung tersebut dulunya dibangun oleh pemerintah provinsi yang dihibahkan ke desa. Walau demikian, karena lokasinya berada di Kab. Serang maka perbaikan akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah.”‎Karena ini  wilayah kita, maka kita ikut memperbaikianya,” ujarnya.

Perbaikan sendiri akan  dilakukan secara bertahap‎.”Yang kita usulkan ini perbaikan dulu, kedepannya mungkin ada jembatan permanennya, sehingga perbaikannya lebih mudah dari pada jembatan gantung, kalau jembatan gantung kan harus sering dikontrol,” katanya.

Disinggung mengenai total jumlah  jembatan gantung di Kabupaten Serang‎ saat ini, Yadi menyebut saat ini ada sebanyak 10 jembatan gantung. Namun ia mengaku tengah berupaya secara bertahap membangun jembatan tersebut secara permanen.

“Satu persatu kita bangun, dulu kan jembatan Parakan, nah itu sudah selesai, tinggal yang lainnya, memang di Jawilan itu jembatan gantung semua,” tuturnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here