Pengamat Politik, Leo Agustino : Ini Empat‎ Penjelas Kemenangan Syafrudin-Subadri

Serang, Liputanbanten.co.id – Pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Leo Agustino menyebut ada empat yang menyebabkan kemenangan Syafrudin-Subadri .

“Pertama adanya kesadaran politik yang cukup tinggi dari para pemilih mengenai pembangunan secara keseluruhan di Kota Serang. Rakyat ingin berubah. Ini karena Paslon No. 1 diidentikkan dengan Petahana yang dirasa oleh pemilih kurang membawa perubahan berarti bagi Kota Serang,” kata Leo.

Kemudian, kata dia yang kedua komposisi yang pas yang disodorkan oleh Paslon No. 3 telah berhasil merebut hati rakyat. Komposisi antara birokrat dan politisi dianggap mewakili keperluan warga untuk perubahan tersebut. “Di satu sisi, Kota Serang membutuhkan birokrat yang tahu betul persoalan administrasi negara dan administrasi publik, dan di sisi lain, Kota ini juga perlu politisi yang bisa mengkomunikasikan ide dan gagasan besar mengenai perubahan Kota Serang ke depan,” katanya.

Yang ketiga elektabilitas Pak Badri yang memang sedari awal suda tinggi sehingga Pilkada kemarin kembali menegaskan elektabilitas beliau di Kota Serang. Kita tahu Pak Badri memiliki elektabilitas yang sangat tinggi pada Pemilu 2014, dan kembali terbukti pada 27 Juni kemarin.

“Dan yang ke empat kita tidak bisa nafikan kampanye bersahaja, jaringan relawan termasuk ikatan kekeluargaan dan pesantren turut mendongkrak suara Syafrudin-Subadri. Selain efektifnya mesin partai yang mengusung Paslon No. 3,” jelasnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here