4 Cara Hadapi Musim Libur, Bekerja Tetap Produktiv

Ilustrasi

Liputanbanten.co.id – Musim liburan seperti ini membuat kita malas untuk bekerja. Tapi terkadang, tuntutan pekerjaan membuat kita harus tetap pergi ke kantor. Melihat suasana di kantor yang lebih sepi dari biasanya semakin membuat kita malas bekerja. Tentu saja ini juga turut memengaruhi produkivitas kerja.

Berikut cara agar produktivitas meningkat saat suasana liburan.

1. Jangan mengirim banyak pesan tentang pekerjaan

Kemungkinan besar, beberapa klien atau partner kerja Anda mungkin sedang berlibur. Jadi, sebaiknya Anda tidak menghubungi mereka untuk urusan pekerjaan.

Sangat kecil kemungkinan mereka akan membalas email atau semua pesan yang terkait dengan pekerjaan. Nah, jika Anda merasa jengkel karena tak ada satupun pesan Anda yang dibalas, maka itu bukan salah mereka.

Nick Douglas, salah staf di Lifehacker mengatakan bahwa terlalu banyak mengirim email tentang pekerjaan pada musim liburan bukanlah hal yang efektif. Kebanyakan orang tidak akan membalasnya.

“Kecuali e-mail tersebut benar-benar penting, jangan repot-repot untuk mengirimkannya. Anda bisa menundanya terlebih dahulu,” ucap Nick Douglas.

Sebagai tips, anda bisa menyimpan e-mail tersebut dalam draft.

2. Gunakan waktu untuk hal-hal yang perlu fokus mendalam

Sisi posistif saat Anda harus ke kantor saat musim libur ini adalah suasana yang lebih sepi dari biasanya. Ini hal yang bagus. Anda bisa lebih konsentrasi dan fokus pada pekerjaan.

Suasana liburan ini adalah saat yang tepat untuk Anda mengerjakan proyek besar atau pekerjaan yang memungkinkan Anda mendapat promosi.

3. Pergilah makan siang dengan orang lain

Inilah saat yang tepat untuk lebih mengenal rekan kerja Anda.

Dilansir dari Mental FLoss, Kate Rockwood seorang wartawan freelance, mengatakan bahwa ketika kebanyakan orang tidak berada di kantor, Anda harus mengundang seorang rekan kerja untuk makan siang bersama dan mendengarkan saran dari seorang ahli.

Menurutnya, Anda juga bisa mengajak teman kantor untuk melakukan aktivitas di luar pekerjaan dan bersosialisasi dengan seseorang yang baru di kantor.

Teman akan sangat berguna saat Anda berada pada masa krisis nantinya.

4. Berdiskusi dengan atasan

Biasanya, perusahaan memiliki review performa pekerjanya saat akhir tahun. Namun, jika perusahaan Anda tidak melakukannya, Anda bisa bertanya langsung pada atasan Anda.

Anda bisa membuat daftar pertanyaan, kekhawatiran dan gagasan Anda untuk kemajuan perusahaan. Setelah itu, Anda bisa mengajak atasan Anda untuk mendiskusikannya.

Inilah saat yang tepat untuk Anda melakukannya. Jika Anda tidak segera menemui atasan untuk mendiskusikan performa Anda, lantas bagaimana Anda bisa melakukan perbaikan diri?

Anda tidak perlu menunggu tahun 2018 datang untuk mewujudkan resolusi Anda. Saat-saat seperti ini adalah waktu yang tepat dimana Anda bisa berdiskusi dan meminta penilaian atas diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa berpikir lebih jelas. [Lb/red]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here