Menguak Misteri Keberadaan Kerajaan Salakanagara Pandeglang

(Foto: Liputanbanten)

Pandeglang, Liputanbanten.co.id – Sejarah merupakan kisah dari masa lalu yang perlu kita ketahui kebenarannya, begitu juga dengan tempat yang bernama “Situs Benda Cagar Budaya Peninggalan Kerajaan Salakanagara” yang berada di Kabupaten Pandeglang.

Ternyata ada sebuah bangunan peninggalan Pra-sejarah yang konon merupakan Makam dari Aki Tirem, dimana warga sekitar meyakini disini Awal mula Kerajaan Salakanagara, Kerajaan Salakanagara yang dikenal sebagai kerajaan pertama di Nusantara, yang terletak di Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Namun sebagian masyarakat masih menganggap bahwa Kerajaan Salakanagara hanya mitos, Mungkin Karena kini artefak-artefak bukti peninggalan sejarahnya kian hari semakin rapuh, karena termakan usia.

Saat kami telusur dan melakukan beberapa wawancara terhadap warga sekitar, ternyata banyak sekali artefak-artefak yang memang sejak lama sudah hilang, begitu juga dengan info mengenai kisah dari peninggalan sejarah tersebut.

Adapun situs peninggalan yang tersisa yaitu berupa Batu Menhir dan Dolmen, Meski demikian Kerajaan Salakanegara sampai saat ini masih dalam perdebatan para ahli sejarah maupun para arkaeolog, jadi Kerajaan Salakanegara adalah sebuah misteri yang cukup menarik untuk di teliti dan disimak misteri keberadaannya.

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Budaya serta Banyak Peninggalan bersejarah. Maka dari itu kita harus bisa menjaga serta merawat benda-benda bersejarah yang kita miliki, sebagai keanekaragaman budaya, khususnya sejarah dari peninggalan situs kerajaan Salakanagara.

Hendaknya masyarakat mau merawat dan menjaga cagar budaya bangsa kita, karena dalam setiap kisah dari sejarah yang kita memiliki pasti selalu memiliki nilai tersendiri, nilai – nilai budaya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penting bagi kita untuk melestarikan cagar budaya karena di dalam cagar budaya memiliki sejarah yang perlu di ingat dan kita hormati, Kita bisa datang langsung di situs peninggalan Kerajaan Salakanagara yang bertempat di Cihunjuran, Mandalawangi, Pandeglang Banten.

Disana kita bisa melihat alam yang indah, artefak-artefak, bahkan kita bisa berenang dengan merasakan air dari sumber yang sangat menyejukan atau hanya bertujuan untuk mengunjungi memenuhi panggilan spiritual dipetilasan sekitar. (Ysf/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here