Hari Ini Nasdem Umumkan Capres 2024

Jakarta, Liputanbanten.co.id — DPP Partai NasDem bakal mengumumkan sosok calon presiden (Capres) yang akan diusungnya di Pilpres 2024 hari ini, Senin (3/10).

Wasekjen Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan deklarasi ini akan diumumkan oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat pukul 10.00 WIB.

“Kalau orangnya belum tahu. Tapi besok kita deklarasikan Capres kita, besok diberi tahu,” kata Hermawi kepada wartawan, Minggu (2/10).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP NasDem Effendy Choirie turut membenarkan partainya akan mendeklarasi Capres untuk diusung di Pilpres 2024. Meski demikian, pria yang akrab disapa Gus Choi itu enggan membeberkan siapa sosok yang akan diumumkan esok sebagai Capres.

“Nunggu besok. Kalau saya katakan namanya mendahului. Intinya salah satu yg sudah diputuskan oleh Rakernas,” kata Gus Choi.

Diketahui, NasDem telah mendukung tiga sosok sebagai bakal calon presiden dalam Rakernas di Jakarta beberapa bulan lalu. Mereka di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jendral Andika Perkasa.

Kendati demikian, NasDem tak bisa mengusung kandidat capres sendiri di Pilpres 2024. Sebab, NasDem hanya meraih 9,05 persen suara pada Pemilu 2019. Mereka harus mencari mitra koalisi agar memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden yaitu memiliki 25 persen suara sah nasional atau 20 persen kursi di DPR. (Lb/cnn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here