KPU Banten Mulai Bahas Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

Serang, Liputanbanten.co.id – KPU Provinsi Banten sudah mulai membahas anggaran untuk penyelenggaran pemilihan kepala daerah 2024 mendatang. Tahap tersebut sudah dilakukan dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Anggaran Pemilihan Serentak di salah satu rumah makan, Kota Tangerang, Selasa, 12 Oktober 2021.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Provinsi Banten menghadirkan 2  Narasumber yang berasal dari Biro Perencanaan dan Organisasi Sekjen KPU RI dan Badan Kesbangpol Provinsi Banten, sebagaimana diberitahukan di https://banten.kpu.go.id.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon mengatakan, tahapan pemilu belum ditetapkan, tetapi sangat penting untuk disegerakan melakukan perencanaan.

“Tahapan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 memang belum ditetapkan karena beberapa kali KPU RI rapat dengan Pemerintah dan DPR RI belum ada kesepakatan. Namun sebagai lembaga, KPU harus melakukan perencanaan, karena jika semua direncanakan dengan baik maka hasilnya juga baik,’ ujar Wahyul Furqon.

Dikatakan Wahyul, KPU Banten dan KPU Kabupaten/Kota harus sejalan dalam menjalanlan pemilu serta sesuai dengan undang-undang yang berlaku.“Dengan rakor kali ini antara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota harus ada kesamaan, khususnya terkait dengan perundang-undangan, oleh karena itu kegiatan ini bertujuan terciptanya sinergitas antara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota”, terang Wahyul Furqon.

Anggota KPU Banten, Nurkhayat Santosa menegaskan, harus diantisipasi penganggaran mana yang ditanggung Provinsi dan mana yang ditanggung oleh Kabupaten/Kota, meskipun aturan belum ada namun harus tetap disiapkan.

“Dana cadangan untuk Pemilihan 2024, begitu juga KPU Provinsi Banten sedang mematangkan usulan anggaran dan KPU Kabupaten/Kota juga dapat menyusul. Kemudian bagaimanapun juga intinya harus siap, bagaimanapun itu nanti perkembangan terkait Pemilu dan Pemilihan”, ungkap Nurkhayat Santosa.(Kpu/Ifn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here