AS Kembangkan Senjata Canggih Rudal Hipersonik

Rudal Hipersonik Milik AS. (Dok. Ist)

Washington, Liputanbanten.co.id – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon tampaknya terlibat dalam pengembangan senjata canggih untuk mencegah serangan rudal hipersonik dari zona dekat luar angkasa. Hal itu diungkapkan editor situs web Warrior Maven dan editor pertahanan majalah National Interest, Kris Osborn.

Dalam sebuah artikel untuk Fox News, Osborn mengacu pada kemampuan kendaraan luncur hipersonik untuk meluncur di sepanjang batas atas atmosfer bumi sehingga menggunakan lintasan dan kecepatan turun untuk menghilangkan target dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Osborn menekankan bahwa menanggulangi serangan semacam itu masih menjadi masalah. Ia mengutip Direktur Utama Pentagon untuk Hipersonik Michael White yang mengatakan selama konferensi pers baru-baru ini bahwa sistem pertahanan udara AS dan pencegat rudal dirancang untuk beroperasi di kedua sisi zona operasi dekat ruang angkasa itu.

“Tantangan dengan sistem hipersonik adalah mereka terbang pada jarak yang oleh sebagian orang disebut dekat ruang angkasa, katakanlah antara 80.000 dan 150.000 kaki. Tanpa kecepatan hipersonik, Anda tidak memiliki daya angkat yang cukup untuk terbang pada ketinggian itu dengan ketinggian rendah. Jadi, kecepatan hipersonik benar-benar memungkinkan penerbangan berkelanjutan di sana,” katanya seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (25/11/2020).

Ia menambahkan bahwa pertahanan udara AS beroperasi dengan baik hingga 70.000 kaki atau lebih.

Osborn berargumen bahwa pernyataan White mungkin berarti bahwa Departemen Pertahanan AS bergerak cepat untuk menutup apa yang bisa menjadi ‘celah’ dalam pertahanan udaranya.

Pernyataan itu muncul beberapa minggu setelah Penasihat Keamanan Nasional Robert O’Brien mengatakan bahwa Angkatan Laut AS berencana untuk mengerahkan rudal hipersonik pada kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Virginia, tiga kapal kelas Zumwalt, dan lebih dari 60 kapal perusak DDG51 kelas Arleigh Burke. (Lb/Sin/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here