Leg 2 Fiala AFF 2020: Vietnam Vs Thailand, Siapakah Yang Akan Menjadi Penantang Timnas Indonesia

Timnas Thailand merayakan kemenangan atas Vietnam pada Leg 1 Piala AFF 2020/Dok. Net

Singapura, Liputanbanten.co.id – Timnas Thailand berada di atas angin sebelum melawan Timnas Vietnam. Tim berjuluk Gajah Perang itu tinggal membutuhkan hasil imbang, atau bahkan kalah 0-1 sekalipun untuk menantang Timnas Indonesia di babak final Piala AFF 2020.

Thailand akan berhadapan dengan Vietnam dalam leg kedua semifinal Piala AFF di National Stadium, Kallang, Minggu (26/12/2021) malam WIB. Pada pertemuan pertama, Gajah Perang berhasil menang 2-0 berkat brace Chanathip Songkrasin.

Pelatih Thailand, Alexandre Polking mengingatkan Teerasil Dangda dkk. untuk tidak lengah menghadapi leg kedua. Sebab, arsitek asal Brasil itu memperkirakan Vietnam bakal bangkit jika mampu mencetak gol pertama.

“Saya tahu pekerjaan ini belum berakhir karena kemenangan 2-0 adalah skor yang berbahaya,” kata Polking dalam konferensi pers virtual sebelum bertanding dikutif dari media Vietnam, Dantri, melalui bola.com, Minggu (26/12/2021).

“Vietnam hanya perlu mencetak satu gol untuk mendongkrak moral mereka. Maka, segalanya akan sulit buat Thailand. Tujuan kami bukan untuk kebobolan, melainkan bermain dengan cara kami.”

“Dengan kemenangan pada pertemuan pertama, kami memiliki keyakinan dan peluang besar untuk mencapai final Piala AFF. Meski kami tahu itu tidak mudah,” jelas pelatih berdarah Jerman tersebut.

Polking akan kembali memercayai para tulang punggung Thailand seperti Chanathip, Teerasil, hingga Theerathon Bunmathan. Kemenangan 2-0 atas Vietnam pada leg pertama empat besar Piala AFF tidak membuat nakhoda berusia 45 tahun itu terbuai.

“Tidak dapat dikatakan bahwa pemain Thailand memiliki level yang lebih unggul ketimbang Vietnam. Setiap tim punya kekuatan dan kelemahan. Kami tahu itu,” imbuh Polking.

“Kami kalah 0-2 pada leg pertama. Skor yang tidak mudah untuk pertemuan kedua. Namun, kami akan mencoba yang terbaik,” jelas Park Hang-seo disadur dari Dantri.

“Saya pikir pertandingan melawan Thailand akan menjadi pertarungan yang indah dan pertempuran tanpa penyesalan buat Vietnam,” terangnya.

Vietnam membutuhkan keajaiban untuk lolos ke final Piala AFF. Kekalahan 0-2 dari Thailand menjadi selisih yang cukup besar. Apalagi pada pertemuan pertama, Gajah Perang lumayan dominan.

“Saya telah meminta para pemain untuk melakukan tugas mereka dan memainkan peren mereka. Saya ingin mereka bermain dengan cara yang tidak terburu-buru dan tenang melawan Thailand,” papar Park Hang-seo.

“Kami tidak tahu bagaimana Thailand bakal bermain. Mungkin masih sama seperti leg pertama. Vietnam harus punya cara sendiri. Meski kalah 0-2, kami harus tetap bermain dengan taktik kami,” ucap Park Hang-seo.

Vietnam adalah juara bertahan Piala AFF. Golden Star Warriors juga cukup tangguh di babak penyisihan Grup B setelah tanpa kekalahan dan kebobolan sebelum keok dari Thailand pada leg pertama babak semifinal.

Prediksi Susunan Pemain

Thailand (4-3-2-1): Chatchai Budprom; Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman, Manuel Bihr, Theerathon Bunmathan; Thanawat Suengchitthawon, Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen; Chanathip Songkrasi, Supachok Sarachat; Teerasil Dangda

Pelatih: Alexandre Polking (Brasil)

Vietnam (3-4-3): Nguyen Manh Tran; Nguyen Thanh Chung, Ngoc Hai Que, Duy Manh Do; Vu Vanh Than, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Phong Hong Duy; Nguyen Van Toan, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong

Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan) (Lb/blc/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here