Timnas Indonesia Depak Singapura dari Perburuan Juara Piala AFF 2020

Timnas Indonesiamerayakan kemenangan atas Tinas Singapura pada leg2 semifinal Piala AFF 2020/Dok.net

Jakarta, Liputanbanten.co.id Timnas Indonesia berhasil menembus final Piala AFF 2020 setelah mendepak Singapura dengan agregat 5-3 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021). Pelatih Shin Tae-yong tak mampu menahan kebahagiaannya di ruang ganti.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia meraih kemenangan 4-2 atas Singapura dalam duel bertajuk leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Kemenangan itu dijumlahkan dengan hasil leg pertama di mana Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 sehingga lolos dengan agregat 5-3.

Timnas Indonesia meraih kemenangan berkat gol yang dicetak Ezra Walian (11′), Pratama Arhan (87′), Shawal Anuar (90+1′, bunuh diri), dan Egy Maulana Vikri (105+2′). Adapun gol Singapura dicetak Song Ui Young (45+4′) serta Shahdan Sulaiman (74′).

Setelah menghadiri konferensi pers pada akhir pertandingan, Shin Tae-yong langsung larut dalam perayaan keberhasilan Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia kini menanti lawan di final Piala AFF 2020 yang akan digelar ada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Lawan skuad Garuda akan diketahui pasca-laga leg kedua semifinal yang mempertemukan Vietnam melawan Thailand, Minggu (26/12/2021).

Pelatih Shin Tae-yong mengaku tak sepenuhnya puas dengan penampilan pemain Timnas Indonesia. Dia menilai sebelum laga sudah memperingatkan pemainnya akan bahaya situasi tendangan bebas dari Singapura.

Kekhawatiran Shin Tae-yong terbukti saat Timnas Indonesia kebobolan melalui dua gol yang berasal dari situasi bola mati. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu tetap bersyukur dengan keberhasilan Skuad Merah Putih.

“Kedua tim sangat bekerja keras. Saya sudah bicara ke pemain sebelum laga bahwa Singapura memang kuat saat set piece,” kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam konferensi pers setelah bertanding.

“Kami bisa mendapatkan hasil yang baik jika kami dapat mengantisipasi set piece. Lalu karena mayoritas pemain kami masih muda, jadi masih kurang dalam mengontrol pertandingan,” tutur arsitek berusia 52 tahun tersebut.

Timnas Indonesia layak meraih kemenangan atas Singapura. Statistik mencatat, pasukan Shin Tae-yong unggul segalanya atas Singapura dalam duel tersebut.

Indonesia unggul penguasaan bola yang mencapai 60 persen. Adapun Singapura memiliki 40 persen penguasaan bola.

Selain itu, pasukan Merah Putih mencatatkan 25 peluang sepanjang laga yang 14 di antaranya akurat. Sementara itu, Singapura meraih 13 peluang yang sembilan di antaranya tepat sasaran. (Lb/blc/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here