Dapur Ramadan, Upaya Memuliakan Santri di Bulan Suci Ramadan

santri Rumah Tahfudz Aulia Rahman. Fachri mondok sejak satu tahun lalu dan belum bisa pulang karena pandemi Covid-19/Dok. DQ/Liputanbanten.co.id

Semarang, Liputanbanten.co.id – Bulan Ramadan merupakan bulan penuh keberkahan. Sehingga tak heran jika bulan ini menjadi momentum yang amat dinantikan banyak orang untuk berlomba mendapatkan sebanyak-banyaknya pahala.

Tak ingin melewatkan kesempatan tersebut, PPPA Daarul Qur’an Semarang meluncurkan sebuah program yang khusus dilaksanakan pada bulan Ramadan 1442 H ini, yakni Dapur Ramadan. Program ini hadir dalam rangka memfasilitasi kebutuhan pokok para santri di bulan Ramadan terutama dalam membuat hidangan berbuka puasa dan sahur.

Di mana bantuan kebutuhan pokok ini menjadi salah satu hal terpenting bagi para santri di bulan Ramadan. Terlebih, pandemi Covid-19 membuat sebagian santri di pesantren dan Rumah Tahfidz mengalami kesulitan mendapatkan kebutuhan pokoknya. Oleh karena itu, Dapur Ramadan diharapkan menjadi jawaban dari permasalahan tersebut.

Pada aksi Dapur Ramadan ini, PPPA Daarul Qur’an Semarang bersinergi dengan sejumlah perusahaan, di antaranya Kang Bagong Catering, PT. Karya Toha Putra, PT Sriboga, serta Jenang Mubarok Kudus. Aksi Dapur Ramadan tak hanya sekedar berbagi bahan pangan dan sembako saja, melainkan dilakukan juga prosesi memasak hingga menikmati hidangan buka puasa secara bersama-sama.

Para santri pun merespon program ini dengan sangat antusias. Seperti Fachri salah satunya, ia adalah santri Rumah Tahfudz Aulia Rahman. Fachri mondok sejak satu tahun lalu dan belum bisa pulang karena pandemi Covid-19. Ia sangat berterima kasih kepada PPPA Daarul Qur’an Semarang dan para donatur atas dukungan kebutuhan pokok untuk ia serta teman-temannya. Selain dapat memenuhi kebutuhannya saat Ramadan, hidangan berbuka puasa dan sahur tersebut juga dirasa dapat mewakili masakan sang ibu di rumah.

Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Semarang, Muhamamd Nur Fauzan mengatakan bahwa Dapur Ramadan adalah upaya memuliakan para santri dan memberikan semangat kepada mereka di bulan Ramadan yang bertepatan dengan pandemi Covid-19.

“Semoga  dengan adanya program ini dapat membantu para santri memenuhi kebutuhan pangannya di bulan Ramadan. Di bulan suci penuh berkah ini semoga Allah melipatgandakan pahala kita semua dengan menyisihkan rezeki yang didapat untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan dan para pejuang Al Qur’an,” imbuh Fauzan. (Lb/DQ/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here